Minggu, 18 Januari 2009

Rokok

Kemarin malam, kebetulan ada rapat pemuda di dusun Unie. Kebetulan juga, kemarin Unie menjadi salah satu dari tim formatur untuk pemilihan ketua pemuda di dusun Unie. Di sini, Unie bukan mau ngomongin masalah kepemudaan yang ada di dusun Unie. Tapi Unie mau ngomongin masalah Rokok. Yah, lagi lagi ngomongin soal rokok.

Rokok kayaknya seolah udah jadi menu wajib di kalangan remaja saat ini. Terutama pemuda yang ada di dusun Unie. Rapatpun rokok masih menyala di mana-mana. Asapnya yang bau dan beracun betebaran di mana-mana. Duh, benernya paling benci sama yang namanya asap rokok. Kita sebagai perokok pasif akan dapat dampat negative yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita.

Nah, sewaktu tim formatur kumpul, kebetulan Unie duduk dekat dengan salah satu teman Unie sejak SD, sebut aja namanya D. Si D ini bawa rokok dengan bungkus hitam. Iseng aku pegang bungkus rokok dengan gambar motor modifikasi. Eh, tiba2 rokoknya langsung diambil sama si pemilik. Sambil tersenyum dia nanya buat apa. Temenku yang satuny bilang “itu rokok X-nya mas D” dengan dibarengi rokok yang mengasap. Mungkin dikiranya gimana2. Tau juga kalo aku cewek baik2, dan gak pernah ngerokok. Bukan, bukan itu yang jadi masalah. Tapi, kenapa sih hanya pegang aja seolah udah mampu mencoreng image “baik2 di mata mereka? Itu kesan yang aku tangkap dari cara senyum, tanya, dan komentar temanku tadi. Well, aku sama rokok aja gak suka, sama asapnya gak betah, kenapa juga mereka takut aku akan menghisapnya? Ya positive thinking nya adalah mereka gak mau aku menghisap rokok. Padahal sama sekali gak ada niat begitu.

Tapi Unie juga heran dengan mereka. Kenapa ya mereka belum bisa menghargai orang lain yang tidak tahan dengan asap rokok? Toh mereka cuek aja ngeliat orang lain, termasuk aku, yang gak tahan dengan asap rokok. Tetep aja rokok masih menyala dan asap mengepul di mana-mana. Ya emang, merokok itu hak asasi setiap orang. Tapi hak setiap orang kan juga dibatasi dengan hak orang lain juga. Setidaknya ketika melihat ada orang yang gak tahan dengan asap rokok, misal dengan menutup hidung ato ngibas2in tangan ato pake kertas ato kipas, ya menyingkirkan rokoknya dulu apa susah sih. Sukur2 gak ngerokok dulu. Ngerokoknya bareng2 sama yang doyan ngrokok aja. Jadinya gak ngerugiin orang lain. Emang bener kok, mestinya ada smoking area dan no smoking area. Itu salah satu solusi yang pas untuk para perokok supaya menghargai dan dihargai orang lain (dalam kaitannya terhadap rokok).

Ya begitulah. Masalah rokok emang gak adanya abisnya untuk dibahas. Kalo Unie sih selama gak ganggu, kenapa mesti menganggu? So, saling menghargailah. But, thanks untuk temen2 Unie yang udah ngertiin kalo Unie udah ngibas2 tangan ato nutup hidup karena asap rokok dan segera menyingkirkan rokoknya. Minimal asapnya diarahin menjauh dari Unie dan kawan2 Unie yang gak betah sama rokok.

-18jan09-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar